KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA PAYAKUMBUH

Sesuai dengan Surat Edaran dari KPU RI bahwa Komisi Pemilihan Umum di setiap Kota/Kabupaten Wajib melakukan Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik, dan Penetapan Calon Terpilih masing-masing Partai se Kota/Kabupaten. Oleh sebab itu, Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan  Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Hasil Pemilu 2019 Tingkat Kota Payakumbuh yang bertempat di Balai Implementasi Buatan Kota Payakumbuh (22/07/2019 Jam 09.30 wib).
Rapat Pleno ini dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU, Sekretariat KPU, Bawaslu, Walikota Payakumbuh, Camat, Forkopimda, Dandim dan Saksi dari Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2019 di Kota Payakumbuh.

Berdasarkan Daftar BRPK yang di berikan oleh Mahkamah Konstitusi kepada KPU RI bahwa Kota Payakumbuh memang tidak terdaftar ke dalam daerah yang diajukan sebagai Daerah yang memiliki sengketa Pemilu, maka KPU Kota Payakumbuh telah bisa melakukan Rapat Pleno Penetapan Calon dan alokasi Kursi Partai Politik se Kota Payakumbuh.

Rapat Pleno ini dibuka langsung oleh ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal, SP dan kemudian dibacakan Tata Tertip Rapat Pleno oleh Komisioner KPU Ade Jumiarti Marlia, SIP.

⇒Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh menentukan perolehan Kursi Anggota DPRD Kota Payakumbuh untuk setiap Partai Politik didasarkan atas Hasil Perhitungan seluruh Suara Sah dari setiap Partai Politik di daerah yang bersangkutan.
⇒Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuhmenetapkan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Payakumbuh berdasarkan atas  porolehan Kursi  Partai Politik dan  Suara Sah Calon yang tercantum dalam setiap Daerah Pemilihan.

Berikut Nama-nama Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Payakumbuh Pada Pemilu Tahun 2019 :

Daerah Pemilihan PAYAKUMBUH 1

  1. ZAINIR (PKB)
  2. WULAN DENURA, S.ST (GERINDRA)
  3. YERNITA (GERINDRA)
  4. H. MAHARNIS ZUL, S.Pd (GOLKAR)
  5. ISMET HARIUS, S.Sos (NASDEM)
  6. HAMDI AGUS, S.T (PKS)
  7. H. SUPARMAN, S. Pd (PKS)
  8. Ir. H. AHMAD ZIFAL (PPP)
  9. MESRAWATI (PAN)
  10. Drs. SRI JOKO PURWANTO (DEMOKRAT)

Daerah Pemilihan PAYAKUMBUH 2

  1. MAWI ETEK ERIANTO (GERINDRA)
  2. WIRMAN PUTRA, A.Md (GOLKAR)
  3. AHMAD RIDHA, SH (NASDEM)
  4. HERI ISWANDI, S.E. DT. RAJO MUNTIKO ALAM (PKS)
  5. MUSTAFA (PKS)
  6. H. ALHUDRI (PPP)
  7. ARMEN FAINDAL, SH (DEMOKRAT)
  8. SYAFRIZAL (PBB)

Daerah Pemilihan PAYAKUMBUH 3

  1. APRIZAL. M (GERINDRA)
  2. YANUAR GAZALI. SE (PDIP)
  3. H. YENDRI BODRA DT. PARMATO ALAM, SH (GOLKAR)
  4. NASRUL (PKS)
  5. EDWARD DF, S.Sos (PPP)
  6. OPET NAWATI (PAN)
  7. FAHLEVI MAZNI (DEMOKRAT)

Sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon terpilih dan Penentuan Perolehan jumlah Kursi Calon Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota untuk setiap Partai Politik didasarkan atas Hasil Perhitungan Seluruh Suara Sah dari Setiap Partai Politik di Daerah Pemilihan yang bersangkutan. Menurut Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal, SP bahwa Data ditampilkan itu sudah dimasukkan kedalam Sistem Aplikasi, dan Sistem inilah yang mengatur pengolahan Data. Maksud nya telah ada  Aplikasi yang disiapkan oleh KPU RI (SITUNG) sehingga KPU Kota/Kabupaten bisa lebih mudah untuk menginput data.

Berikut Dokumentasi Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik, dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Payakumbuh