KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA PAYAKUMBUH

KPU KOTA PAYAKUMBUH GELAR RAPAT EVALUASI FASILITASI KAMPANYE PEMILU 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menggelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Aula Lantai 2 KPU Kota Payakumbuh, (Selasa 30/07/2019). Evaluasi ini dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Payakumbuh bersama Pihak terkait seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh, Polres Kota Payakumbuh, Kodim 0306/50 Kota, Kesbangpol Kota Payakumbuh, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2019.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Payakumbuh  Haidi Mursal, SP menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang diamanahkan oleh KPU RI kepada KPU Provinsi, Kabupaten/Kota diseluruh indonesia, untuk melaksanakan kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 didaerah masing-masing. Evaluasi ini diadakan supaya menjadi koreksi serta perbaikan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pemilihan umum yang lebih baik dimasa depan.

Rapat Evaluasi ini menatap kepada Alat Peraga Kampanye yang difasilitasi oleh KPU dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 Kemarin. Ketua Divisi SP3MSDM KPU Kota Payakumbuh  Nina Trisna S.HI menyampaikan bahwa KPU Kota Payakumbuh bersama Bawaslu Kota Payakumbuh serta Kesbangpol Kota Payakumbuh akan menyampaikan materi-materi tersendiri yang memang perlu disampaikan secara terbuka untuk bisa dilakukan Evaluasi bersama, sehingga nanti nya akan muncul persoalan apa saja yang terjadi pada proses ini berjalan dan Rekomendasi apa yang akan kita berikan nantinya sehingga dikemudian hari ada keputusan serta kebijakan yang lebih ditail dan lebih terencana lagi oleh Komisi Pemilihan Umum untuk Pemilu mendatang.


Bentuk kegiatan serta Alur Kegiatan Fasilitasi Kampanye Pemilu serentak 2019 Kota Payakumbuh :

  • Menetapkan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pemilu Tahun 2019 melalui proses Koordinasi dengan Partai Politik dan Stake Holder terkait
  • Menentukan/ menetapkan Ukuran APK (Rakor dengan Pemerintahan Daerah dan Rakor dengan Peserta Pemilu)
  • Desain APK
  • Proses Pengadaan APK
  • dan Penyerahan¬† APK kepada Paslon, Parpol yang berupa Spanduk dan Baliho

Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 didasarkan kepada beberapa peraturan dan perundang undangan yang sudah ditetapkan, Yaitu Undang-undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan KPU No 7 Tentang Tahapan, Program dan jadwal Pemilihan Umum.

KPU KOTA PAYAKUMBUH

KESBANGPOL KOTA PAYAKUMBUH

 

BAWASLU KOTA PAYAKUMBUH

Dengan adanya Kegiatan evaluasi ini Komisi Pemilihan Umum berharap adanya perbaikan-perbaikan terkusus pada Fasilitas Kampanye yang disediakan dan diberikan oleh Komisi Pemilihan Umum kepada Partai Politik terutama pada Fasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK)

kegiatan ini akan menjadi wadah bagi peserta Pemilu untuk menyampaikan apa saja masalah serta kendala yang pernah dihadapi Partai Politik dalam fasilitas kampanye yang diberikan KPU pada Pemilu 2019 kemaren. Sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi KPU dan Peserta Pemilu yang keseluruhanya dirangkum kemudian akan disampaikan pada KPU Provinsi dan KPU RI sehingga ada penyempurnaan nantinya.