Meriah dan sukses serta banjir hadiah adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kegiatan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2015 di Kota Payakumbuh. Sosialisasi dalam bentuk kegiatan Senam Sehat menuju Pemilu yang jujur dan Adil ini ini digelar di pelataran Ngalau atau medan  nan bapaneh Ngalau pada hari minggu tanggal 8 Nopember 2015 ini dihadiri oleh lebih 1000 peserta dari berbagai unsur masyarakat.

Senam sehat dimulai tepat pukul 07.00 WIB dan dipandu oleh 3 orang instruktur senam yang tergabung dalam kelompok senam Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah raga Kota Payakumbuh. Setelah itu acara sambutan tidak dilaksanakan dipentas melainkan dipelataran ngalau membuat suasana lebih dekat dan hangat. Ketua KPU Kota Payakumbuh Bapak Hetta Manbayu, SH menyampaikan sambutan yang sangat meriah dengan menghimbau dan mengajak peserta senam untuk meneriakan kata-kata “9 Desember” beberapa kali. Bapak Ketua DPRD dalam sambutannya  juga menghimbau masyarakat luas untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilih mereka untuk Sumatera Barat nan lebih Rancak. Sambutan terakhir disampaikan oleh Bapak Wakil Walikota Payakumbuh yang kembali menghimbau warga Kota Payakumbuh untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember 2015 di TPS dimana mereka terdaftar dan menjaga ketertiban dan keamanan Kota Payakumbuh tercinta.

Setelah itu acara panggung yang ditunggu-tunggu dipandu oleh Don Bobo yang merupakan artis ternama Kota Padang. Kocak, semangat serta penuh dengan teriakan kegembiraan bagi peserta yang memperoleh doorprize menjadi puncak kegiatan sosialisasi ini. Total ada sekitar 120 hadiah  yang dibagikan dengan mengundi kupon doorprize yang telah di sediakan oleh panitia. Berkaca pada antusiasme yang ada, Kota Payakumbuh siap mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2015 “Jan lupo sanak gunoan hak piliah ciek suaro untuk Sumatera Barat nan labiah rancak”.