KPU MELAYANI- KPU Sumatera Barat menerima pendaftaran empat bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang dimulai dari tanggal 4,5, dan 6 September 2020 untuk berkontestasi dalam Pemilihan Gubernur Sumbar, 9 Desember 2020. Empat bakal pasangan calon gubernur itu selanjutnya mengikuti pemeriksaan kesehatan pada 7-10 September 2020.

Pada hari pertama Jum’at 04 September 2020 bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy yang diusung PKS dan PPP, Dan hari ke dua Sabtu (5/9) sore bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung oleh Partai Gerindra.

Pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (6/9/2020), ada dua bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar ke KPU Sumbar, yaitu Fakhrizal-Genius, yang diusung oleh Partai Golkar, Nasdem, dan PKB, mendaftar pada Minggu siang, sedangkan Mulyadi-Ali Mukhni yang diusung Demokrat-PAN mendaftar pada Minggu sore.Keempat bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu syarat pencalonannya sudah lengkap dan sah akan diverifikasi keabsahan dan memenuhi syaratnya mulai hari ini 06 September hingga 13 September 2020.

Selanjutnya keempat bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur mengikuti pemeriksaan kesehatan yang berlangsung pada 7-10 September 2020 di RSUP Dr M Djamil Padang. Adapun penetapan calon dan pengundian nomor urut pada 23 September dan 24 September 2020.