SobatPemilih-Komisi Pemilihan Umum memiliki tugas utama untuk menyelenggarakan Pemilihan Umum. Dalam hal ini, termasuk amanah melaksanakan pendidikan pemilih dan mendukung perjalanan demokrasi di Indonesia. Dalam rangka hal tersebut pula, KPU Kota Payakumbuh memberikan kesempatan bagi sekolah untuk menggunakan Kotak dan Bilik Suara pada kegiatan Pemilihan Osis.

Seperti halnya dalam waktu dekat ini, SMA PGRI Payakumbuh meminjam 1 kotak dan 2 bilik suara. Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Payakumbuh Nina Trisna, S.HI mengatakan “Pemilos tersebut bentuk demokrasi tingkat sekolah pada segmen pemilih pemula, dari situ mereka belajar bagaimana demokrasi yang sebenarnya, jadi peminjaman kotak itu mengajarkan adik-adik tingkat SMK/ SMA sederajat bahwa demokrasi yang sebenarnya seperti apa? Itu merupakan ajang pembelajaran demokrasi dini” Jelasnya.

Sementara itu Sekretaris KPU Kota Payakumbuh Beni Mustika, S.IP menyampaikan bahwa, pihaknya terbuka untuk membantu,kegiatan Pemilihan Osis (pemilos). “Pihak sekolah telah mengajukan permohonan peminjaman, dan kami kemudian menyetujuinya. Ini dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran khususnya praktek melaksanakan pesta demokrasi di sekolah. Sekaligus menjadi media pembelajaran tentang Kepemiluan.” ujarnya.